Beragam Acara Warnai Perayaan Milad Ke-50 Tahun STAI Al-Gazali Bulukumba

Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Gazali Bulukumba berdiri pada tanggal 30 Maret 1968 sehingga pada tahun ini, STAI Al-Gazali Bulukumba berusia 50 tahun. Dalam rangka memperingati hari lahir / milad ke-50 tahun, STAI Al-Gazali Bulukumba menggelar berbagai kegiatan, yakni donor darah, seminar pendidikan, dzikir bersama dan jalan santai.

Kegiatan Donor Darah

Kegiatan donor darah dilaksanakan pada tanggal 5 April 2018 yang bertempat di kampus STAI Al-Gazali Bulukumba. Dalam kegiatan ini, panitia bekerjasama dengan KSR PMI STAI Al-Gazali Bulukumba, PMI Cabang Bulukumba dan Unit Transfusi Darah Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Bulukumba, sementara pendonor berasal dari mahasiswa dan dosen yang berjumlah 42 orang.

Muhammad awal, salah seorang panitia bidang donor darah merasa sangat bersyukur karena dosen dan mahasiswa antusias ikut mendonor sebagai bentuk partisipasi dalam kegiatan ini serta membantu sesama yang sangat membutuhkan. “ya alhamdulillah kita sangat bersyukur karena jumlah pendonor banyak dan ini merupakan partisipasi serta tanggung jawab sosial mereka”, ungkapnya.

Pembukaan Seminar Pendidikan

Kegiatan lain dalam perayaan milad ke-50 tahun ini adalah seminar pendidikan yang dilaksanakan pada tanggal 14 April 2018 yang bertempat di Aula III STAI Al-Gazali Bulukumba. Seminar dengan tema “Pemikiran Imam Al-Gazali tentang Pendidikan” ini diikuti oleh 160 orang peserta yang terdiri dari guru, dosen dan mahasiswa. Narasumbernya adalah Prof. Dr. H. Abd. Rahim Yunus, MA., selaku Wakil Koordinator Kopertais Wilayah Sulawesi, Papua dan Maluku, Dr. H. Ali Yafid, S.Ag., M.Pd.I., selaku Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bulukumba dan Dr. Baharuddin, SE., M.Si., salah seorang Dosen STAI Al-Gazali Bulukumba.

Dzikir Bersama

Setelah menggelar acara seminar pendidikan, panitia kembali mengadakan acara dzikir bersama pada hari dan tempat yang sama, namun dilaksanakan ada malam hari. Acara ini dihadiri oleh Dr. Hj. A. Majdah M. Zain Agus Arifin Nu’mang, M.Si selaku Ketua Lembaga Pendidikan Tinggi Nahdlatul Ulama (LPTNU) Provinsi Sulawesi Selatan, Ketua Yayasan STAI Al-Gazali Bulukumba, Pimpinan, Dosen dan mahasiswa. Drs. Mardianto, MM.Pd., sebagai koordinator acara ini sangat mengharapkan melalui kegiatan dzikir STAI Al-Gazali Bulukumba diberkahi oleh Allah swt. dan diberikan kesuksesan dalam ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa. “semoga melalui dzikir ini STAI Al-Gazali Bulukumba  dilimpahi rahmat Allah swt. agar berhasil dalam membina umat dan mencerdaskan kehidupan bangsa”, tuturnya.

Laporan Ketua STAI Al-Gazali Bulukumba

Sementara acara puncak perayaan milad ke-50 tahun STAI Al-Gazali Bulukumba adalah jalan santai yang dilaksanakan pada tanggal 15 April 2018. Dalam acara ini, peserta start di Lapangan Pemuda Bulukumba dan finish di Kampus STAI Al-Gazali Bulukumba. Peserta yang diperkirakan mencapai ribuan orang sangat antusias mengikuti kegiatan ini, walaupun sebelum start sempat turun hujan namun tidak mengurangi semangat para peserta untuk memeriahkan kegiatan ini.

Setelah finish, peserta disuguhi dengan pengundian hadiah menarik yang diselingi dengan sambutan dan ucapan selamat dari beberapa tamu undangan. Drs. H. Irman Syah, M.Pd.I, selaku Ketua STAI Al-Gazali Bulukumba dalam laporannya menyampaikan profil STAI Al-Gazali Bulukumba mulai dari sejarah berdirinya sampai prospek masa depannya. Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang ikut menyukseskan kegiatan ini, baik itu panitia pelaksana, sponsor serta pihak-pihak lain yang ikut berpartisipasi dan memberikan sumbangsih baik secara langsung maupun tidak langsung. “kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang telah membantu kami sehingga kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar dan sukses”, imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan, Drs. H. A. Muh. As’ad Timpa, MA di sela-sela sambutannya ia menyampaikan rencana pembangunan gedung perpustakaan yang membutuhkan bantuan banyak pihak dalam merealisasikannya khususnya Pemerintah Daerah Kabupaten Bulukumba. Hal ini langsung diamini oleh Ketua DPRD Kabupaten Bulukumba dan Wakil Bupati Bulukumba yang turut hadir dengan menyatakan kesiapannya siap memberikan bantuan.

Selain dihadiri oleh dosen, mahasiswa, alumni dan masyarakat umum, kegiatan ini turut dihadiri oleh Wakil Bupati Bulukumba, Ketua DPRD Bulukumba, H. A. Patabai Pabokori sebagai sesepuh STAI Al-Gazali Bulukumba, Dr. H. A. Majdah M. Zain Agus Arifin Nu’mang, M.Si., selaku Ketua LPTNU, Pimpinan Bank BRI Cabang Bulukumba sebagai sponsor utama serta tokoh-tokoh masyarakat lainnya.

 

Situlung Aub

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *