Efektivitas Halaqah Tarbiyah dalam Membina Pemahaman Keberagamaan Siswa di Sekolah Al-Qur’an Wahdah Islamiyah
Keywords:
pendidikan, pendidikan islam, tarbiyah, halaqah, halaqah tarbiyahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas halaqah tarbiyah dalam membina pemhamaan keberagamaan siswa di Sekolah Al-Qur'an Wahdah Islamiyah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam dokumentasi. Triangulasi data dilakukan terhadap enam siswa dari jenjang kelas VIII sampai XI untuk gambaran yang lebih valid. Hasil penelitian menunjukkan empat tema utama (1) penguatan kesadaran spritual melalui peningkatan disiplin ibadah wajib dan sunnah, (2) internalisasi nilai-nilai akhlak islami dalam kehidupan sehari-hari, (3) pembentukan kebiasaan ibadah yang konsisten, dan (2) pengaruh positif lingkungan halaqah terhadap perilaku sosial siswa. Faktor penentu keberhasilan antara lain keteladanan murabbi, sistem pembinaan yang berkesinambungan, dan dukungan lingkungan sosial. Temuan penelitian ini menegaskan bahwa halaqah tarbiyah merupakan pembinaan yang efektif, relevan, dan strategis untuk menghadapi degradasi moral serta krisis spritual generasi muda di era modern.
