Efektivitas Halaqah Tarbiyah dalam Membina Pemahaman Keberagamaan Siswa di Sekolah Al-Qur’an Wahdah Islamiyah

Authors

  • Abdurrahman STAI Al-Gazali Bulukumba
  • Samsuddin Samsuddin Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Hidayah Bogor
  • Rahendra Maya STAI Al-Hidayah, Bogor

Keywords:

pendidikan, pendidikan islam, tarbiyah, halaqah, halaqah tarbiyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas halaqah tarbiyah dalam membina pemhamaan keberagamaan siswa di Sekolah Al-Qur'an Wahdah Islamiyah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam dokumentasi. Triangulasi data dilakukan terhadap enam siswa dari jenjang kelas VIII sampai XI untuk gambaran yang lebih valid. Hasil penelitian menunjukkan empat tema utama (1) penguatan kesadaran spritual melalui peningkatan disiplin ibadah wajib dan sunnah, (2) internalisasi nilai-nilai akhlak islami dalam kehidupan sehari-hari, (3) pembentukan kebiasaan ibadah yang konsisten, dan (2) pengaruh positif lingkungan halaqah terhadap perilaku  sosial siswa. Faktor penentu keberhasilan antara lain keteladanan murabbi, sistem pembinaan yang berkesinambungan, dan dukungan lingkungan sosial. Temuan penelitian ini menegaskan bahwa halaqah tarbiyah merupakan  pembinaan yang efektif, relevan, dan strategis untuk menghadapi degradasi moral serta krisis spritual generasi muda di era modern. 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-16

How to Cite

Efektivitas Halaqah Tarbiyah dalam Membina Pemahaman Keberagamaan Siswa di Sekolah Al-Qur’an Wahdah Islamiyah. (2025). Al-Gazali Journal of Islamic Education, 4(1). https://staialgazalibulukumba.ac.id/jurnal/index.php/AJIE/article/view/73

Similar Articles

1-10 of 33

You may also start an advanced similarity search for this article.