Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Drill Pada Mata Pelajaran Qur’an Hadis Kelas VII MTS Ma’arif Ujung Bulu Kabupaten Bulukumba
Keywords:
Metode Drill, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode drill pada mata pelajaran Qur’an Hadis kelas VII MTS Ma’arif Ujung Bulu Kabupaten Bulukumba. Penelitian ini tergolong ke dalam jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus penelitian. Masing-masing siklus terdapat empat tahapan penelitian, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengobservasian, dan perefleksian. Adapun subjek penelitain ini adalah kelas VII sebanyak 22 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tehnik observasi, dokumentasi, dan menggunakan intrumen penelitian berupa evaluasi hasil belajar Qur’an Hadis. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisi dengan menggunakan analisisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas VII MTs Ma’arif Ujung Bulu Kabupaten Bulukumba tahun pelajaran 2022/2023. Hal ini terbukti sebelum penelitian atau pra siklus, nilai rata-rata yang dicapai adalah 54,95 meningkat menjadi 66,4 pada siklus I meningkat sebesar 11.45% dan pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 80,5. Meningkat sebesar 14,1%. Meningkatnya hasil belajar siswa sebagai bukti bahwa metode drill dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
