EFEKTIFITAS PENERAPAN METODE RESITASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AL-QUR'AN HADIS PADA SISWA KELAS VIII MTs YPPI SAPOBONTO KABUPATEN BULUKUMBA
Keywords:
: Efektifitas, Metode Resitasi, Peningkatan Hasil Belajar, Al- Qur’an HadisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan metode resitasi dalam meningkatkan hasil belajar belajar Al-Quran Hadis pada siswa kelas VIII MTs YPPI Sapobonto. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa secara bertahap melalui siklus tindakan. Adapun data diperoleh dari hasil observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas ini meliputi empat langkah, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi yang menjadi satu kesatuan utuh dalam sebuah siklus pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pembelajaran dengan menggunakan metode resitasi pada siklus pertama terdapat peningkatan hasil evaluasi materi pembelajaran dari sebelumnya. Aspek yang menjadi kendala pada siklus I yaitu beberapa siswa masih belum terbiasa dengan metode resitasi sehingga kurang disiplin dalam mengerjakan tugas. Pada proses pembelajaran siklus II melalui metode resitasi, keaktifan siswa sudah mencapai 85% dan siswa terlihat lebih disiplin dalam melaksanakan tugas. Rata-rata hasil evaluasi materi pembelajaran meningkat secara signifikan. Dari hasil temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa metode resitasi efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
