Pengaruh Penggunaan Ice Breaking Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V Dalam Pembelajaran Tematik Di MIS Darul Ulum Muhammadiyah Jalanjang

Authors

  • Harpina STAI Al-Gazali Bulukumba
  • Maghfirah Azarah STAI Al-Gazali Bulukumba

Keywords:

Ice Breaking, Motivasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Ice breaking terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik di MIS Darul Ulum Muhammadiyah Jalanjang Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi eksperimen, sampel diambil secara purposive sampling dan dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Angket Tes Pilihan ganda dan hasilnya diuji melalui statistik “t”. dari hasil perhitungan diperoleh nilai thitung sebesar 5,623 sedangkan ttabel pada taraf signifikansi 0,05 sebesar 2,101 atau thitung > ttabel. Maka Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dapat di simpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan Ice breaking terhadap hasil belajar pada pembelajaran Tematik, hal ini menunjukkan bahwa penggunaan Ice breaking membawa pengaruh yang signifikan terhadap hasil pembelajaran siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-06-20

How to Cite

Pengaruh Penggunaan Ice Breaking Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V Dalam Pembelajaran Tematik Di MIS Darul Ulum Muhammadiyah Jalanjang. (2024). Al-Gazali Journal of Islamic Education, 3(1), 30-47. https://staialgazalibulukumba.ac.id/jurnal/index.php/AJIE/article/view/47

Similar Articles

1-10 of 18

You may also start an advanced similarity search for this article.