Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Era Digital Di MTS Al-Huda' Mannaungi Kabupaten Bulukumba

Authors

  • Tawakkal STAI Al-Gazali Bulukumba
  • Fitri Kasmirawati STAI Al-Gazali Bulukumba
  • Saidah STAI Al-Gazali Bulukumba

Keywords:

Peran Guru, Motivasi Belajar Siswa, Era Digital

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di era digital. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Adapun data diperoleh dari hasil observas, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data diperoleh lalu diolah dengan menggunakan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa MTs Al-Huda' Mannaungi di era digital meliputi tujuh peran, yaitu: (1) Peran guru sebagai sumber belajar; (2) Peran guru sebagai fasilitator; (3) Peran guru sebagai pembimbing; (4) Peran guru sebagai demonstrasi; (5) Peran guru sebagai pengelola; (6) Peran guru sebagai motivator; (7) Peran guru sebagai elevator. Adapun kesimpulan dari penelitian ini bahwa peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa sudah diterapkan dengan baik selama pembelajaran. Adapun peran guru yang dilakukan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di era digital yaitu peran guru sebagai sumber belajar, peran guru sebagai fasilitator, peran guru sebagai pembimbing, peran guru sebagai demonstrasi, peran guru sebagai pengelola, peran guru sebagai motivator dan peran guru sebagai elevator.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-06-20

How to Cite

Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Era Digital Di MTS Al-Huda’ Mannaungi Kabupaten Bulukumba. (2024). Al-Gazali Journal of Islamic Education, 3(1), 17-29. https://staialgazalibulukumba.ac.id/jurnal/index.php/AJIE/article/view/48

Similar Articles

1-10 of 32

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)