PERAN PENDIDIKAN DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Bahaking Rama Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Arni Risani Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Sukawati Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Abdul Khaliq Ahmad Universitas Muhammadiyah Makassar

Keywords:

Pendidikan, Moderasi Beragama

Abstract

Moderasi beragama merupakan upaya untuk menyeimbangkan antara ajaran agama dengan tuntutan zaman tanpa menghilangkan esensi nilai-nilai spiritual. Pendidikan di sekolah tentu memiliki peran strategis dalam menanamkan nilai-nilai tersebut melalui kurikulum, metode pengajaran dan peran guru. Dalam artikel ni menggunakan metode library research, dengan cara penulis menelusuri literatur yang ada di pustaka, buku-buku, kitab-kitab, jurnal, artikel, dan lain-lain yang sebagian besar terdapat pada lima tahun terakhir. Hasil penulisan ini menemukan bahwa Pendidikan memiliki peran strategis dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama melalui kurikulum yang relevan, metode pengajaran inovatif dan peran guru yang inspiratif sehingga siswa dapat belajar untuk mengintegrasikan nilai-nilai agama dengan kehidupan modern.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-12-19

How to Cite

PERAN PENDIDIKAN DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DI SEKOLAH DASAR. (2024). Al-Gazali Journal of Islamic Education, 3(2), 114-127. https://staialgazalibulukumba.ac.id/jurnal/index.php/AJIE/article/view/54

Similar Articles

1-10 of 28

You may also start an advanced similarity search for this article.