MEMAHAMI HAKIKAT MANUSIA DALAM PANDANGAN FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM

Authors

  • Firman STAI Al-Gazali Bulukumba
  • Mardianto STAI Al-Gazali Bulukumba
  • Musytari STAI Al-Gazali Bulukumba
  • Abdurrahman STAI Al-Gazali Bulukumba

Keywords:

hakikat manusia, filsafat pendidikan Islam

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk memahami hakikat manusia dalam pandangan filsafat pendidikan Islam. Dalam kajian ini, manusia dipandang sebagai makhluk yang memiliki kedudukan istimewa di hadapan Tuhan, dengan tujuan utama mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat. Filsafat pendidikan Islam melihat manusia sebagai makhluk yang terdiri dari tubuh (jasad) dan jiwa (ruh), yang keduanya memiliki peran penting dalam pembentukan karakter dan akhlak. Melalui pendidikan, manusia diajarkan untuk mengembangkan potensi rasional, emosional, dan spiritualnya sesuai dengan nilai-nilai ajaran Islam, seperti keadilan, kesetaraan, dan kebijaksanaan. Hakikat manusia dalam perspektif ini mengarah pada pemahaman bahwa pendidikan tidak hanya berfokus pada aspek kognitif, tetapi juga pada pembentukan moral dan spiritual, guna mewujudkan manusia yang seimbang dan bertanggung jawab terhadap sesama dan Tuhan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-12-19

How to Cite

MEMAHAMI HAKIKAT MANUSIA DALAM PANDANGAN FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM. (2024). Al-Gazali Journal of Islamic Education, 3(2), 167-181. https://staialgazalibulukumba.ac.id/jurnal/index.php/AJIE/article/view/59

Similar Articles

1-10 of 34

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>