Peran Dosen dalam Pengembangan Karakter Mahasiswa STAI Al-Gazali Bulukumba

Authors

  • Umi Nur Kholifatun STAI Al-Gazali Bulukumba
  • Harpina STAI Al-Gazali Bulukumba

Keywords:

Dosen, Pengembangan Karakter, Mahasiswa

Abstract

Pengembangan karakter mahasiswa di perguruan tinggi memiliki peran penting dalam membentuk individu yang tidak hanya kompeten secara akademik, tetapi juga memiliki nilai-nilai moral yang kuat. Di STAI Al-Gazali Bulukumba, dosen memainkan peran sentral dalam membentuk karakter mahasiswa melalui pendekatan yang terintegrasi dalam pembelajaran akademik dan kegiatan non-akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peran dosen dalam pengembangan karakter mahasiswa di kampus tersebut. Dengan menggunakan metode kualitatif studi kasus, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan dosen dan mahasiswa, serta observasi terhadap kegiatan akademik dan non-akademik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dosen berperan ganda sebagai pendidik dan teladan, mengintegrasikan nilai-nilai karakter dalam setiap pembelajaran, serta membimbing mahasiswa dalam pengembangan sikap dan perilaku yang positif. Beberapa pendekatan yang digunakan oleh dosen dalam pengembangan karakter mahasiswa antara lain pendekatan afektif, kolaboratif, dan reflektif. Meskipun demikian, tantangan seperti perbedaan latar belakang mahasiswa, pengaruh lingkungan sosial, dan keterbatasan sumber daya tetap menjadi hambatan dalam proses ini. Penelitian ini menyarankan perlunya peningkatan pelatihan bagi dosen dan penguatan program ekstrakurikuler untuk mendukung pengembangan karakter mahasiswa secara lebih holistik. Dengan upaya yang maksimal, diharapkan mahasiswa STAI Al-Gazali Bulukumba dapat menjadi pribadi yang tidak hanya unggul di bidang akademik, tetapi juga memiliki karakter yang baik dalam kehidupan sosial dan profesional mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-12-19

How to Cite

Peran Dosen dalam Pengembangan Karakter Mahasiswa STAI Al-Gazali Bulukumba. (2024). Al-Gazali Journal of Islamic Education, 3(2), 155-166. https://staialgazalibulukumba.ac.id/jurnal/index.php/AJIE/article/view/58

Similar Articles

1-10 of 14

You may also start an advanced similarity search for this article.