UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR AKIDAH AKHLAK MELALUI METODE NUMBERED HEADS TOGETHER

Authors

  • Tawakkal STAI Al-Gazali Bulukumba
  • Saidah STAI Al-Gazali Bulukumba
  • Fitri Kasmirawati STAI Al-Gazali Bulukumba

Keywords:

Akidah Akhlak, Keaktifan Belajar, Numbered Heads Together.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa melalui metode Numbered Heads Together pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII MTs.S Bontosunggu Kabupaten Bulukumba. Penelitian ini menggunakan metode penelitan tindakan kelas (PTK). Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini meliputi empat langkah,yaitu perencanaan,tindakan,observasi,dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode numbered heads together dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan rata-rata skor keaktifan belajar siswa berdasarkan lembar pengamatan/observasi yakni pada prasiklus berada pada kategori rendah,kemudian dilanjutkan pada siklus I mengalami peningkatan dan berada pada kategori sedang,selanjutnya pada siklus II skor keaktifan siswa mengalami peningkatan yang signifikan yakni berada pada kategori tinggi. Dari hasil penelitan tersebut dapat disimpulkan bahwa metode Numbered Heads Together dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII MTs.S Bontosunggu Kabupaten Bulukumba. 

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2025-07-16 — Updated on 2025-07-16

How to Cite

UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR AKIDAH AKHLAK MELALUI METODE NUMBERED HEADS TOGETHER. (2025). Al-Gazali Journal of Islamic Education, 4(1), 1. https://staialgazalibulukumba.ac.id/jurnal/index.php/AJIE/article/view/62

Similar Articles

1-10 of 24

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)