UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR AKIDAH AKHLAK MELALUI METODE NUMBERED HEADS TOGETHER
Kata Kunci:
Akidah Akhlak, Keaktifan Belajar, Numbered Heads Together.Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa melalui metode Numbered Heads Together pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII MTs.S Bontosunggu Kabupaten Bulukumba. Penelitian ini menggunakan metode penelitan tindakan kelas (PTK). Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini meliputi empat langkah,yaitu perencanaan,tindakan,observasi,dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode numbered heads together dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan rata-rata skor keaktifan belajar siswa berdasarkan lembar pengamatan/observasi yakni pada prasiklus berada pada kategori rendah,kemudian dilanjutkan pada siklus I mengalami peningkatan dan berada pada kategori sedang,selanjutnya pada siklus II skor keaktifan siswa mengalami peningkatan yang signifikan yakni berada pada kategori tinggi. Dari hasil penelitan tersebut dapat disimpulkan bahwa metode Numbered Heads Together dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII MTs.S Bontosunggu Kabupaten Bulukumba.
