UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR AKIDAH AKHLAK MELALUI METODE NUMBERED HEADS TOGETHER

Penulis

  • Tawakkal STAI Al-Gazali Bulukumba
  • Saidah STAI Al-Gazali Bulukumba
  • Fitri Kasmirawati STAI Al-Gazali Bulukumba

Kata Kunci:

Akidah Akhlak, Keaktifan Belajar, Numbered Heads Together.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa melalui metode Numbered Heads Together pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII MTs.S Bontosunggu Kabupaten Bulukumba. Penelitian ini menggunakan metode penelitan tindakan kelas (PTK). Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini meliputi empat langkah,yaitu perencanaan,tindakan,observasi,dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode numbered heads together dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan rata-rata skor keaktifan belajar siswa berdasarkan lembar pengamatan/observasi yakni pada prasiklus berada pada kategori rendah,kemudian dilanjutkan pada siklus I mengalami peningkatan dan berada pada kategori sedang,selanjutnya pada siklus II skor keaktifan siswa mengalami peningkatan yang signifikan yakni berada pada kategori tinggi. Dari hasil penelitan tersebut dapat disimpulkan bahwa metode Numbered Heads Together dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII MTs.S Bontosunggu Kabupaten Bulukumba. 

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Diterbitkan

2025-07-16 — Diperbaharui pada 2025-07-16

Cara Mengutip

UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR AKIDAH AKHLAK MELALUI METODE NUMBERED HEADS TOGETHER. (2025). Al-Gazali Journal of Islamic Education, 4(1), 1. https://staialgazalibulukumba.ac.id/jurnal/index.php/AJIE/article/view/62

Artikel Serupa

1-10 dari 24

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama